Awalusannah SMK Barkab ajak Siswa Berfikir Global bertindak Lokal

Berita

Awwalusannah SMK BARKAB 2024
Berpikir Global Bertindak Lokal

Hari ini Sabtu Tpanggal 27 Juli 2024 bertempat di halaman SMK Muhammadiyah 04 diadakan kegiatan yang sangat penting yakni pertemuan wali murid kelas 10 dengan pihak sekolah yang dikemas dalam acara Awwalusannah. Awwalusannah dihadiri oleh PCM, Majelis Dikdasmen, Komite, serta orang tua walimurid. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan program sekolah dan melakukan musyawarah untuk pengembangan pendidikan anak. SMK BARKAB sesuai slogannya SMK BISA SMK JAYA tahun ini berhasilnmenerima 477 siswa dari 516 pendaftaran dalam 7 program kompetensi.

Ada yang menarik dalam program awwalusannah tersebut yakni diadakan MOU antara SMK Barkab dengan Lembaga Pendidikan Ketrampilan profesional Jerman. Dalam session tersebut juga diadakan Talk show dengan Mitra dari Jerman. Antusiasme orang tua wali murid sangat besar untuk mengetahui tentang dunia kerja di Jerman. Pertanyaan yang muncul seputar bekal dan kompetensi anak, biaya sampai berangkat ibadah haji dari Jerman. Rasanya tepat apabila slogan persaingan bebas yang berbunyi Think Globaly Act Localy atau berpikir global bertindak lokal mengambarkan upaya SMK Muh 04 dalam menjawab permintaan dunia kerja.

Suprap, S. Pd, selaku kepala sekolah menyampaikan, Tahun ini SMK Barkab akan memberangkatkan 10 siswanya magang ke Jepang. Selain itu sekolah juga berkomitmen untuk menyiapkan lulusan agar siap bekerja di LN, melanjutkan kuliah dan berwirausaha, ujarnya. Hadir dalam acara tersebut Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PCM Boyolali H. Syafei, M.Pd menyampaikan pesan kepada wali murid bahwa muhammadiyah tidak hanya membekali anak didik dengan IPTEK tetapi juga moral. Ditambahkan bahwa untuk mewujudkan visi sekolah perlu kerjasama dengan dan partisipasi dengan orang tua.

Perwakilan LPK Indonesia Jerman Alween Parahita, B. Sc,. M.Sc mengatakan bahwa bekerja di Jerman banyak keunggulan, selain gaji besar juga tidak ada PHK serta yang dibutuhkan dan salurkan adalah tenaga tenaga trampil. Selain itu negara Jerman juga sangat menghargai dan memberlakukan tenaga kerja dengan sangat baik. Sebelum berangkat, SDM akan dipersiapkan dengan baik yang meliputi keahlian bahasa, skill dan peraturan yang ada di Jerman. Sudah banyak pengalaman / best practice yang sukses / berhasil sebagai TK yang bekerja di Jerman.

Komite sekolah yang diwakili oleh Suwarto, mengatakan bahwa sekolah yang baik adalah yang mampu memberikan pelayanan prima kepada stakeholder sehingga dapat menarik partisipasi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya. Selain itu juga disampaikan bahwa sekolah swasta dapat berjalan dengan baik, apabila ada spirit gotong royong atau Ta’awun dalam menyelesaikan masalah serta mencari solusi termasuk pembiayaan. Awwalu sannah dimanfaatkan untuk musyawarah antara sekolah dengan pihak orang tua.

Dunia pendidikan saat ini sedang berkembang begitu cepat sehingga membutuhkan kemampuan beradaptasi dari sekolah untuk dapat menyiapkan anak didiknya Har siap memasuki dunia kerja. Untuk mengatasi hal tersebut SMK Barkab telah menyiapkan berbagai program inovatif salah satunya adalah menyiapkan guru dalam penguasaan bahasa Inggris. SMK juga menyiapkan Teaching Factory dengan didukung oleh perlengkapan yang canggih berbasis digital yakni mesin praktek CNC. SMK Muh 04 yang lebih populer dengan SMK Barkab telah menjadi SMK Rujukan sejak 2016 dan SMK Pusat unggulan Plus, Allohu ‘alam bishowab (m@s warto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *