Peran Guru Swasta dalam Penerimaan Siswa Baru

Opini

Peran Guru Swasta dalam Penerimaan Siswa Baru
Oleh : Ihsan Setyadin*)

Tulisan ini merupakan sebuah pengalaman dari mengajar di MTs Muhammadiyah 7 Klego sejak tahun 2006 dan menjadi panitia PPDB dari tahun 2006 – 2024. Mengabdi di Amal Usaha Muhammadiyah di kecamatan Klego MTs Muhammadiyah 7 Klego selama Kurang lebih 18 tahun.
Disini seorang guru apalagi di madrasah swasta, sangat memiliki peran penting dalam penerimaan siswa baru (PPDB) di Madrasah swasta. Mereka tidak hanya berperan sebagai pengajar/ pendidik tetapi juga sebagai bagian dari strategi promosi dan menarik calon siswa. Guru swasta dapat membantu menarik calon siswa melalui berbagai cara, seperti pertama : memberikan informasi tentang sekolah/Madrasah, menjalin hubungan baik dengan orang tua, Masyarakat dan mempromosikan keunggulan sekolah dll. Peran guru swasta dalam PPDB diantaranya melakukan hal-hal berkaitan dengan, pertama Promosi dan Sosialisasi, guru dapat berperan aktif dalam mempromosikan sekolah/ madrasah kepada calon siswa dan orang tua melalui berbagai cara, seperti memberikan informasi tentang kurikulum, fasilitas, dan program unggulan sekolah/madrasah.


Kedua, menjalin Hubungan dengan Calon Siswa dan Orang Tua, guru dapat menjalin hubungan yang baik dengan calon siswa dan orang tua melalui berbagai kegiatan, seperti memberikan informasi, konsultasi, dan menjalin komunikasi yang positif.


Ketiga, Menjelaskan Keunggulan Sekolah/madrasah, guru dapat menjelaskan keunggulan sekolah/madrasah kepada calon siswa dan orang tua, sehingga mereka dapat memahami nilai tambah yang akan mereka dapatkan jika bersekolah di madrasah tersebut. Dalam keunggulan madrasah perlu semua pihak terlibat dari yayasan, komite, kepala madrasah dan dewan guru, tidak hanya antara kepala madrasah beserta 2 atau tiga guru.


Keempat, membantu Proses Seleksi, guru dapat terlibat dalam proses seleksi calon siswa, misalnya dengan memberikan rekomendasi atau melakukan tes tertulis atau wawancara. Dalam seleksi ini diharapkan antara pihak madrasah, calon siswa baru dan orang tua bisa sehati dan sepaham.

Kelima, memotivasi Siswa Baru, setelah siswa baru diterima, guru dapat berperan dalam memotivasi mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan meraih potensi mereka.

Keenam, mengompakkan dan Mengoptimalkan Potensi Guru, pimpinan agar memberikan kesempatan kepada guru untuk mengaplikasikan/mengoptimalkan potensi yang di punya Guru kepada peserta didik agar menjadikan anak berprestasi, dan menjaga keharmonisan dalam bekomunikasi antara guru satu dengan yang lain agar tercipta kenyaman dalam madrasah. Apabila pimpinan madrasah sudah percaya sama kepanitiaan PPDB ya sepenuhnya diberikan kepada panitia, program dari panitia PPDB di dukung sepenuhnya bila tidak kelewat jalur berkaitan dengan PPDB.
Ketujuh, menjalin Ukhuwah dengan Sesepuh/ Tim Masyarakat, guru dapat menjalin hubungan ukhuwah dengan sesepuh masyarakat agar membantu pendekatan kepada lingkungam dan mengenalkan tentang keunggulan Madrasah, sehingga calon peseta didik dan orang tua wali dapat di kawal dari tim masyarakat.
Dengan peran aktif guru swasta dalam PPDB, diharapkan sekolah/madrasah swasta dapat menarik calon siswa yang berkualitas dan meningkatkan daya saingnya di pasar pendidikan.

*) Mudir Ponpes Mualimin Muhammadiyah Klego

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *