IKHTIAR MEMINTA TURUNNYA HUJAN, RATUSAN SISWA BERJAMA’AH SHOLAT ISTISQO’.

Berita Redaksi

Jumat, 3 November 2023

Kali ini ratusan siswa Muhammadiyah di Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali berihtiar melaksanakan Sholat Istisqo’ secara serentak berdo’a supaya lekas turunnya hujan. Kegiatan dilaksanakan pagi hari dari jam 07:00 Sampai Selesai disaat cuaca belum begitu terik, para siswa Kushuk dan tertib saat melaksanakan sholat, baik waktu sholat maupun kotbah. Lokasi Sholat Istisqo’ dibagi menjadi 2 tempat. Yang pertama bertempat di Lapangan SMA Muhammadiyah 4 Andong untuk siswa-Siswi SMA, SMP,  dan Santri Ponpes Mamba’ul Ulum, lokasi kedua bertempat di Lapangan SMK Muhammadiyah 2 Andong untuk siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Andong.

Pada kegiatan kali ini imam dan Khotib berasal dari Pondok Sobron oleh Ustadz Febri Berikut Kutipan Khotbah pada hari ini :

“Ketika tanah menjadi kering, air menjadi langka, pertanian terganggu, dan kehidupan manusia dan makhluk lainnya terancam. Ini adalah ujian dari Allah yang harus kita hadapi dengan kesabaran dan usaha. Satu hal yang penting ialah melakukan muhasabah massal. Musibah kekeringan yang menimpa kita saat ini, boleh jadi akibat banyaknya perilaku-perilaku yang melanggar perintah Agama yang pernah kita lakukan. Hal ini mungkin teguran dari Allah Swt agar kita senantiasa menjauhi perbuatan-perbuatan berdosa seperti maksiat, berjudi, mabuk-mabukkan, berzina, melakukan praktek riba, menduakan Allah, dan lain sebagainya. Musibah kekeringan ini tidak hanya akibat dari dosa-dosa teologis, mungkin juga akibat langsung dari dosa-dosa ekologis. “Dosa ekologis” adalah tindakan atau perilaku manusia yang merusak atau mengancam lingkungan alam dan ekosistem bumi. Seperti menebang pohon sembarangan, merusak lingkungan secara membabi-buta, mencemari udara dengan asap rokok, kendaraan bermotor dan yang lainya “

Pada sholat kali ini diharapkan segera turunya hujan untuk wilayah Andong dan sekitarnya, hujan yang membawa berkah, manfaat untuk masyarakat tanpa adanya badai angin dan petir.

Oleh : Ardhy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *