KOMISI B RECOMENDASIKAN TIAP PDM MILIKI TENAGA FULL TIMER BIDANG SOSMED

Blog

Beberapa Hasil Rekomendasi Kisi B Bidamg Sosmed dalam Rakewil MPI Jawa Tengah 11 November 2023.

  1. Maksimal Minggu ke-4 November 2023 diusahakan sudah punya channel youtube dengan minimal 2 video. Saling merekomendasikan channel/akun untuk subscribe. Pertimbangan: Mengajak siswa/mahasiswa untuk subscribe ternyata di lain hari mereka unsubscribe.
  2. Perlu adanya kesadaran mindset dari PDM dimana Media Sosial adalah sebuah platform AUM dalam dunia digital/maya sehingga perlu adanya daya dukung lebih. AUM ( Menghasilkan profit. Harus ada PROFESIONALISASI dalam bidang MEDIA di MUHAMMADIYAH artinya ada/perlunya ADMIN TETAP yang DIGAJI/INSENTIF agar lebih FOKUS mengurusi PENGEMBANGAN MEDIA tidak hanya sekedar relawan. Referensi sumber gaji: Lazismu di golongan Fisabilillah. Instruksi PWM: Setiap Daerah harus ada Tim Eksekutif Bidang Media Center, minimal ada 1 tenaga profesional.
  3. Adanya kolaborasi dari majelis lain sebagai kontributor materi sehingga media PDM terpusat cukup 1 channel. Pembuatan website official dan portal berita dalam hal aplikasi teknis diserahkan kepada PDM masing-masing, akan dibuat mix satu domain atau dibuat terpisah, disesuaikan dengan kemampuan
  4. pengadministrasian PDM. Khusus Portal Berita saling support (tag, repost, share, like, comment, dll) mengambil konten media/berita dari PDM lain agar SALING MENGUATKAN, baik secara tampilan ke eksternal muhammadiyah dan penguatan algoritma.
  5. Pelatihan dan Manajemen Media Sosial serta Jurnalistik untuk seluruh Humas setiap LEMBAGA, MAJELIS, dan AUM. Harapannya mereka bisa menjadi contributor. Adanya pelatihan berkelanjutan minimal enam bulan sekali. Rekomendasi:
  6. Adanya LEGAL FORMAL (jikalau bisa) platform media informasi khusus Portal Berita PDM. Berfungsi sebagai validitas berita maupun pengajuan dana pengembangan media ke pemerintah dan sponsor lain. Tindak lanjut: Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dimana pelaksanaan akan difasilitasi oleh MPI PWM.
  7. Kolaborasi konten antar PDM di setiap platform media social. Setiap MPI PDM membuat ACTION PLAN keinginan untuk MEMAJUKAN masing-masing, lalu dikumpulkan untuk di-share bersama. Tujuannya untuk bisa SALING MELENGKAPI/REFERENSI, dipelajari bagaimana STRATEGI yg ada menowo bisa diterapkan di PDM lain.
  8. Media Cetak: Fokus mendorong terbitnya tabloid “Cermin” dengan daya dukung dari PDM untuk membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *