PENGUATAN PENGKADERAN DI TINGKAT RANTING

Opini

Penguatan kader Muhammadiyah di tingkat ranting

PRM adalah Pimpinan Muhammadiyah di tingkat desa yang Peranya sangat strategis dalam kemajuan Muhammadiyah. Namun Sebagian Pimpinan Warga Muhammadiyah masih Memandang sebelah mata, masih ada anggapan bahwa Pengurus PWM Lebih Hebat dari PDM, Pengurus PDM Merasa Lebih Hebat dari PCM dan Pengurus PCM beranggapan Lebih Hebat dari PRM. Anggapan Itu saya Kira Kurang Pas, tinggal dari sisi mana mengkajinya. Karena kalau semua jadi pengurus pusat siapa yang akan ngurusi bawah, karena struktur organisasi itu semua memiliki fungsi dan peran justru dalam ‘penggalangan masa yang sesungguhnya ada di ranting’ Jika ranting makmur outomatis organisai akan besar dan kuat. Ibarat segitiga piramid yang duduk dengan kokoh, Ditopang oleh ranting yang banyak kuat. dan semakin keatas mengerucut semakin berkualiatas. Tapi jika yang banyak itu Pengurus Pusat, Wilayah, Daerah, saat muktamar/muswil/musda ramai hingga saling “sikut”. Sementara PRM Sepi maka Ibarat Segitiga Piramid yang terbalik dimana pucuk lancipnya di bawah. ranting kecil yang pasti organisasi Labil tidak sehat.

Maka Berikut ini kami sampaikan Pentingnya Penguatan Pengkaderan di tingkat PRM.

Pertama, PRM sebagai Pilar Uswah ( Teladan Masyarakat), PRM Adalah Tokoh idola panutan Masyarakat setempat bisa di pastikan Perkembangan Organisasi. Muhammadiyah. Dengan memiliki kader yang kuat di tingkat ranting, mereka dapat mengawal implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Kedua, Penyalur Dakwah Muhammadiyah: Ranting Muhammadiyah berperan sebagai basis dakwah Islam yang moderat dan inklusif. Kader yang berkualitas akan mampu menyampaikan pesan Islam dengan benar dan efektif, menghindari radikalisasi, dan menciptakan pemahaman yang lebih luas. Dan Itu akan Mudah Diterima Bila Tokoh PRM nya kualified.

Ketiga, PRM Pelayanan Sosial: Muhammadiyah dikenal aktif dalam pelayanan sosial. Kader di tingkat ranting dapat memberikan kontribusi nyata dalam membantu masyarakat, seperti melalui panti asuhan, rumah sakit, dan program-program sosial lainnya. Bagaimana Mau Diikuti masa, lha PRM nya jarang Kumpul Masyarakat

Keempat, PRM Penerus Organisasi: Dengan kader yang kuat, Muhammadiyah di tingkat ranting dapat lebih efisien dalam mengelola kegiatan organisasi, seperti administrasi, keuangan, dan program-program dakwah.

Kelima, PRM adalah roda Percepatan Pertumbuhan Organisasi: Kader yang berkualitas dapat memikat lebih banyak anggota dan mendukung pertumbuhan Muhammadiyah di tingkat ranting, yang pada gilirannya akan memperkuat peran organisasi ini dalam masyarakat.

Oleh karena itu, penguatan kader organisasi Muhammadiyah di tingkat ranting adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan misi dan visi organisasi ini serta berkontribusi positif bagi masyarakat Indonesia.

Semoga Pesan Ini Menambah Semangat Para Pejuang Ranting, Anda Adalah Pahlawan ujung tombak dan Ujung Tombok Organisasi. Semoga Tetap Semangat dan Perkuat Semangat, Keikhlasan dan Keridhoan kepada Allah. Salam Ranting Itu Penting

Ditulis Oleh : Pujiono

Ketua Majelis Pustaka dan Informas PDM Kabuapaten Boyolali 2023- Sekarang

Ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Boyolali 2015-2023

Anggota Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah 2023- sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *